Jumat, 10 Januari 2014

Analisis SWOT Lembaga Pendidikan Komputer (LPK)

Nama                        : Diana Wahyu Kartikawati
NIM                         : 1201413015
Jurusan                     : Pendikan Luar Sekolah
Rombel                     : 001
ANALISIS SWOT TERHADAP
LEMBAGA PENDIDIKAN KOMPUTER (LPK)

LIS ANALISIS SWOT LEMBAGA PENDIDIKAN KOMPUTER
Strength/Kekuatan:
1.      Rasa keingin tahuan dari peserta didik mengenai pengoprasian komputer
2.      Tenaga pengajar yang profesional
3.      Adanya motivasi belajar komputer dari peserta didik
4.      Sudah ada jaringan penunjang berupa internet
5.      Biayanya cenderung murah
Weakness/Kelemahan:
1.      Peserta didik kurang memahami materi
2.      Kurangnya tenaga pendidik
3.      Kurang aktifnya peserta didik dalam proses belajar
Opportunity/Peluang:
1.      Mendapatkan keterampilan komputer
2.      Menerapkan pengetahuan komputer untuk usaha
3.      Mendapat informasi dalam lingkup luas
Treath/Tantangan:
1.      Perkembangan jaman yang cepat
2.      Banyak peserta didik yang kurang mengerti perkembangan komputer
3.      Kurang lengkapnya sarana pembelajaran
MATRIKS ANALISIS SWOT LEMBGA PENDIDIKAN KOMPUTER

 

Faktor Eksternal





Faktor Internal
Peluang (O):
1.      Mendapatkan keterampilan komputer
2.      Menerapkan pengetahuan komputer untuk usaha
3.      Mendapat informasi dalam lingkup luas

Tantangan (T):
1.      Perkembangan jaman yang cepat
2.      Banyak peserta didik yang kurang mengerti pengoperasian  komputer
3.      Kurang lengkapnya sarana pembelajaran

Kekuatan (S):
1.      Tenaga pengajar yang profesional
2.      Adanya motivasi belajar komputer dari peserta didik
3.      Sudah ada jaringan penunjang berupa internet

S1-O2: Adanya pengajar profesional akan mengarahkan paserta didik untuk menerapkan pengetahuan komputer untuk usaha
S2-O1: Rasa keingintahuan pengoperasian komputer untuk mendapatkan keterampilan komputer
S3-O3: Adanya jaringan internet  dapat membantu mendapatkan informasi dalam lingkup luas
S1-T3: Dengan pengajar profesional dapat menunjang kurangnya sarana pembelajaran
S2-T2: Adanya motivasi belajar komputer akan membuat peserta didik mengerti cara pengoperasian komputer
S3-T1: Jaringan internet akan membantu dalam menghadapi perkembangan jaman yang cepat
Kelemahan (W):
1.      Peserta didik kurang memahami materi
2.      Kurangnya tenaga pendidik
3.      Kurang aktifnya peserta didik dalam proses belajar

W1-O1: Peserta didik yang memiliki motivasi akan untuk belajar untuk mendapatkan keterampilan komputer
W2-O3: Adanya internet untuk membantu kurangnya tenaga pendidik untuk mendapat informasi luas
W3-O2: Kurang aktifnya peserta didik dalam belajar namun mereka sudah menerapkan untuk usaha
W1-T1: Peserta didik diberi motivasi belajar jaringan internet untuk menghadapi perkembangan jaman yang cepat
W2-T3: Walaupun dengan pendidik yang sedikit yang profesional dan internet dapat menujang sarana pembelajaran
W3-T2: Adanya motivasi belajar akan mungurangi kurang aktifnya peserta didik akibat dari kurang mengertinya dalam pengoperasian komputer


1 komentar: