MAKALAH
LAPORAN OBSERVASI PAUD DESA JAMBON
(PAUD BINTANG KECIL)
MakalahIniDiajukanGunaMemenuhi Mata
Kuliah
KonsepDasarPendidikanLuarSekolah
Dosenpengampu:
HendraDedi K. S.Pd
Disusunoleh:
Diana
WahyuKartikawati (1201413015)
JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
TAHUN 2014
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas limpahan rahmat dan
karunia-Nya saya dapat menyelesaikan tugas makalah ini yang membahas tentang
PAUDNI Bintang Kecil Desa Jambon Kecamat Pulokulon.
Kami
berharap makalah ini dapat memberikan wawasan luas atau tambahan ilmu pengetahuan
tentang proses pembelajaran di PAUD Bintang Kecil Desa Jambon Kecamatan
Pulokulon. Makalah ini juga diharapkan berdampak positif bagi pembaca yang
ingin mengetahui proses pembelajaran di PAUD Bintang Kecil Desa Jambon
Kecamatan Pulokulon
Kami
menyadari bahwa kemampuan yang kami miliki masih jauh dari criteria sempurna,
tetapi kami berharap makalah ini dapat bermanfaat dan kami sangat mengharapkan kritik
dan saran yang bersifat membangun agar dapa tmembuat makalah lebih baik lagi dan
kami ucapakan terimakasih.
Hormat kami,
Penyusun
DAFTAR ISI
LAMAN JUDUL i
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iii
BAB I PENDAHULUAN 1
A. LatarBelakang 1
B. Rumusan 1
C. TujuanMasalah 1
BAB
II PEMBAHASAN 2
A. SejarahBerdirinya
PAUD Bintang Kecil 2
B. Kegiatan
Proses Pembelajaran 2
C. SusunanStafPengajar 4
D. PengelolaanAdministrasi 4
BAB
III PENUTUPAN 6
A. Kesimpulan 6
B. Saran
6
LAMPIRAN-
LAMPIRAN 7
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Awal dari berdirinya
PAUD Bintang Kecil berawal dari Bu Sri Indarti “Bu Titik” (pendiri/penggagas)
PAUD Bintang Kecil yang melihat didesa Jambon yang tidak ada pendidikan atau
kelompok bermain untuk anak-anak usia dini. PAUD Bintang Kecil berdiri pada
tahun 2008 dan bertempat dibalai desa yang semua modal awal dari
pendiri/penggagas program tersebut. Kemudian pidah dirumah Bu Titik pada tahun
2009 hingga sekarang.
PAUD ini berbasis
kereligiusan, karena melihat sopan santun anak-anak sekarang kepada orang yang
lebih tua yang mulai menurun. Selain PAUD setelah berjalannya waktu Bu Titik
juga mendirikan TPA dan RA. Dalam proses pembelajaran PAUD ini menggunakan
kurikulum Permendiknas No.23 tentang PAUD.
Dalam proses pembelajaran
guru tidak menekankan kepada anak agar bisa semua yang diberikan oleh guru.
Namun dengan memberi kebebasan anak untuk berekspresi dan dengan memberikan
materi yang ringan yang diberikan dengan cara yang menyenangkan. Karena dengan
hati yang senang maka akan lebih mudah anak dalam menangkap materi dan memahami
materi yang diberikan.
B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana
sejarah berdirinya PAUD Bintang Kecil?
2. Apa
basis PAUD Bintang Kecil? Mengapa?
3. Mengapa
dalam pemberian pembelajaran tidak boleh terlalu menekan?
C.
Tujuan
1. Untuk
mengetahui sejarah berdirinya PAUD Bintang Kecil.
2. Untuk
mengetahui cara yang benar dalam memberikan pembelajaran kepada anak PAUD.
3. Untuk
mengetahui kegiatan pembelajaran PAUD Bintang Kecil.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Sejarah
Berdirinya PAUD Bintang Kecil
Awal dari berdirinya PAUD
Bintang Kecil berawal dari Bu Sri Indarti “Bu Titik” (pendiri/penggagas) PAUD Bintang
Kecil yang melihat didesa Jambon yang tidak ada pendidikan atau kelompok
bermain untuk anak-anak usia dini. Bu Titik yang seorang lulusan PAI yang
mengajar didaerah Wirosari di sebuah MI sekaligus PAUD yang mana beliau juga
ditunjuk sebagai kepala sekolah PAUD tersebut. Dengan adanya pengalaman sebagai
guru sekaligus kepala sekolah dan pernah ditunjuk untuk mewakili guru Wirosari untuk
pelatihan sebagai pengelola sekolah. Berbekal dari pengalaman-pengalamannya
beliau mengajukan untuk mendirikan PAUDNI didesa Jambon kepada kepala desa
Jambon yang disambut baik.
Karena modal dari awal
memang dari Bu Titik dan karena beberapa kali mengajukan permintaan dana kepada
desa tidak pernah terealisasiakan. Maka PAUD Bintang Kecil yang awalnya
dijadikan milik desa berubah menjadi milik pendirinya yaitu Bu Sri Indarti.
PAUD Bintang Kecil
berdiri pada tahun 2008 dan bertempat dibalai desa yang semua modal awal dari
pendiri/penggagas program tersebut. Kemudian pidah dirumah Bu Titik pada tahun
2009 hingga sekarang.
Sebelum PAUD Bintang
Kecil yang sekarang ini, banyak kendala-kendala dan suka duka dalam membangun PAUD
ini, antara lain:
a) Banyak
masyarakat yang belum mengenal dan mengerti tentang PAUD
b) Tidak
ada dana untuk membeli peralatan dan kesejahteraan guru
c) Ada
masyarakat yang mengirim surat kaleng yang di kirim kepada Bu Titik mengatakan
“dulu saja PAUD milik desa, masak sekarang mjadi milik pribadi”
d) Kurangnya
fasilitas yang memadai
B. Kegiatan Proses Pembelajaran
PAUD
Bintang Kecil terdiri dari 3 kelas, yaitu:
a) Kelas
A untuk anak yang berusia 2-3 tahun
b) Kelas
B untuk anak yang berusia 3-4 tahun
c) Kelas
C untuk anak yang berusia 4-5 tahun
PAUD ini berbasis kereligiusan,
karena melihat sopan santun anak-anak sekarang kepada orang yang lebih tua yang
mulai menurun. Selain PAUD setelah berjalannya waktu Bu Titik juga mendirikan
TPA dan RA. Dalam proses pembelajaran PAUD ini menggunakan kurikulum
Permendiknas No.23 tentang PAUD. Kegiatan proses pembelajaran di PAUD Bintang
Kecil, yaitu:
a) Kegiatan
awal:
1) Ikrar
diisi dengan senam atau gerak dan lagu
2) Do’a
sebelum belajar
3) Penyampaian
kegiatan yang akan dilakukan hari tersebut
b) Kegiatan
inti:
1) Misal
hendak mencapai 3 perkembangan anak:
·
Fisik motorik dengan senam
·
Bahasa dengan tanya jawab melalui cerita
·
Kognitif dengan menghitung jumlah benda
c) Istirahat:
1) Makan
bekal
2) Bermain
d) Penutup:
1) Mengulas
kegiatan yang sudah dilakukan anak satu hari disekolah
2) Do’a
Al Asr dan do’a untuk orang tua
3) Pulang
Dalam proses
pembelajaran guru tidak menekankan kepada anak agar bisa semua yang diberikan
oleh guru. Namun dengan memberi kebebasan anak untuk berekspresi dan dengan
memberikan materi yang ringan yang diberikan dengan cara yang menyenangkan.
Karena dengan hati yang senang maka akan lebih mudah anak dalam menangkap
materi dan memahami materi yang diberikan.
Dalam pemberian
pembelajaran terkadang banyak orang tua yang menuntut kepada guru agar anak
mereka harus bisa membaca, menulis atau menghitung. Namun pihak PAUD memberikan
pengertian kepada orang tua murid pada dasarnya dalam memberikan pembelajaran
tidak boleh terlalu memaksakan anak agar memahami danmengerti semua materi yang
diberikan kepadanya. Melainkan dengan pelan-pelan dan dengan cara yang
menyenangkan.
C. Susunan Staf Pengajar
Guru yang mengajar di
PAUD Bintang Kecil awalnya dari ibu-ibu yang mengajar secara suka rela karena
kurang dana. Guru yang dulu mengajar di PAUD ini sudah dipindah di sebuah TK
yang berada didesa Jambon, dan sekarang sudah diganti oleh guru baru. Berikut
adalah susunan guru yang sekarang mengajar di PAUD Bintang Kecil:
a. Kepala
sekolah sekaligus pengelola:
1) Nama : Sri Indarti
Nomor HP : 085290278498
b. Guru
Kelompok Bermain:
1) Nama :
Abdul Hofur
Nomor HP : 085291720644
2) Nama : Rochidah
Nomor HP : 081227467653
3) Nama : Tri Aprianti
Nomor HP : 081347097564
c. Guru
RA:
1) Nama : Ifah
NomorHP : 085713348858
d. Guru
TPA:
1) Nama : Husna
Nomor HP : 085640914964
2) Nama : Kholif
Nomor HP :085727593136
D. Pengelolaan Administrasi
Dalam proses
administrasi pada awalnya secara suka relawan dari orang tua murid. Namun
dengan memberikan pengertian, saling terbuka antara pihak pengelola dengan
orang tua murid dan kesadaran dari orang tua murid dulunya membayarnya suka
relawan maka sekarang sudah ditentukan.
Untuk pengelolaan
administrasi masih dipegang langsung oleh kepala sekolah yang merupakan pendiri
dari PAUD Bintang Keci setiap sebulan sekalil. Selain dana dari orang tua murid
untuk menambah penghasilan untuk uang kesejahteraan guru yang mengajar
pengelola juga membuka koperasi sekolah.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Banyak
orang tuan yang belum mengetahui dan memahami bahwa PAUD merupakan pendidikan
yang dibutuhkan oleh anak sebelum anak masuk pada sekolah. Dalam memberikan pembelajaranpun
tidak boleh terlalu memaksakan kepada anak agar harus bisa. Namun dengan cara
memberikan pembelajaran yang ringn dan menyenangkan.
B. Saran-saran
Jangan
memaksakan anak untuk dapat menerima semua materi yang diberikan dalam proses
pembelajaran.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. Kegiatan Awal
2. Kegiatan Inti
3. Istirahat
4. Penutup
0 komentar:
Posting Komentar