Senin, 13 Januari 2014

Makalah Laporan Observasi PAUD Desa Jambon (PAUD Bintang Kecil)


MAKALAH
LAPORAN OBSERVASI PAUD DESA JAMBON
(PAUD BINTANG KECIL)

MakalahIniDiajukanGunaMemenuhi Mata Kuliah
KonsepDasarPendidikanLuarSekolah

Dosenpengampu: HendraDedi K. S.Pd

Disusunoleh:
Diana WahyuKartikawati                   (1201413015)




JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
TAHUN 2014
KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya saya dapat menyelesaikan tugas makalah ini yang membahas tentang PAUDNI Bintang Kecil Desa Jambon Kecamat Pulokulon.
Kami berharap makalah ini dapat memberikan wawasan luas atau tambahan ilmu pengetahuan tentang proses pembelajaran di PAUD Bintang Kecil Desa Jambon Kecamatan Pulokulon. Makalah ini juga diharapkan berdampak positif bagi pembaca yang ingin mengetahui proses pembelajaran di PAUD Bintang Kecil Desa Jambon Kecamatan Pulokulon
Kami menyadari bahwa kemampuan yang kami miliki masih jauh dari criteria sempurna, tetapi kami berharap makalah ini dapat bermanfaat dan kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun agar dapa tmembuat makalah lebih baik lagi dan kami ucapakan terimakasih.


Hormat kami,

Penyusun









DAFTAR ISI

LAMAN JUDUL                                                                                                                   i
KATA PENGANTAR                                                                                                           ii
DAFTAR ISI                                                                                                                          iii
BAB I PENDAHULUAN                                                                                                     1
A.    LatarBelakang                                                                                                             1
B.     Rumusan                                                                                                                     1
C.     TujuanMasalah                                                                                                            1
BAB II PEMBAHASAN                                                                                                      2
A.    SejarahBerdirinya PAUD Bintang Kecil                                                                    2
B.     Kegiatan Proses Pembelajaran                                                                                    2
C.     SusunanStafPengajar                                                                                                  4
D.    PengelolaanAdministrasi                                                                                            4
BAB III PENUTUPAN                                                                                                         6
A.    Kesimpulan                                                                                                                 6
B.     Saran                                                                                                                           6
LAMPIRAN- LAMPIRAN                                                                                                   7


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Awal dari berdirinya PAUD Bintang Kecil berawal dari Bu Sri Indarti “Bu Titik” (pendiri/penggagas) PAUD Bintang Kecil yang melihat didesa Jambon yang tidak ada pendidikan atau kelompok bermain untuk anak-anak usia dini. PAUD Bintang Kecil berdiri pada tahun 2008 dan bertempat dibalai desa yang semua modal awal dari pendiri/penggagas program tersebut. Kemudian pidah dirumah Bu Titik pada tahun 2009 hingga sekarang.
PAUD ini berbasis kereligiusan, karena melihat sopan santun anak-anak sekarang kepada orang yang lebih tua yang mulai menurun. Selain PAUD setelah berjalannya waktu Bu Titik juga mendirikan TPA dan RA. Dalam proses pembelajaran PAUD ini menggunakan kurikulum Permendiknas No.23 tentang PAUD.
Dalam proses pembelajaran guru tidak menekankan kepada anak agar bisa semua yang diberikan oleh guru. Namun dengan memberi kebebasan anak untuk berekspresi dan dengan memberikan materi yang ringan yang diberikan dengan cara yang menyenangkan. Karena dengan hati yang senang maka akan lebih mudah anak dalam menangkap materi dan memahami materi yang diberikan.
B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana sejarah berdirinya PAUD Bintang Kecil?
2.      Apa basis PAUD Bintang Kecil? Mengapa?
3.      Mengapa dalam pemberian pembelajaran tidak boleh terlalu menekan?
C.     Tujuan
1.      Untuk mengetahui sejarah berdirinya PAUD Bintang Kecil.
2.      Untuk mengetahui cara yang benar dalam memberikan pembelajaran kepada anak PAUD.
3.      Untuk mengetahui kegiatan pembelajaran PAUD Bintang Kecil.


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Sejarah Berdirinya PAUD Bintang Kecil
Awal dari berdirinya PAUD Bintang Kecil berawal dari Bu Sri Indarti “Bu Titik” (pendiri/penggagas) PAUD Bintang Kecil yang melihat didesa Jambon yang tidak ada pendidikan atau kelompok bermain untuk anak-anak usia dini. Bu Titik yang seorang lulusan PAI yang mengajar didaerah Wirosari di sebuah MI sekaligus PAUD yang mana beliau juga ditunjuk sebagai kepala sekolah PAUD tersebut. Dengan adanya pengalaman sebagai guru sekaligus kepala sekolah dan pernah ditunjuk untuk mewakili guru Wirosari untuk pelatihan sebagai pengelola sekolah. Berbekal dari pengalaman-pengalamannya beliau mengajukan untuk mendirikan PAUDNI didesa Jambon kepada kepala desa Jambon yang disambut baik.
Karena modal dari awal memang dari Bu Titik dan karena beberapa kali mengajukan permintaan dana kepada desa tidak pernah terealisasiakan. Maka PAUD Bintang Kecil yang awalnya dijadikan milik desa berubah menjadi milik pendirinya yaitu Bu Sri Indarti.
PAUD Bintang Kecil berdiri pada tahun 2008 dan bertempat dibalai desa yang semua modal awal dari pendiri/penggagas program tersebut. Kemudian pidah dirumah Bu Titik pada tahun 2009 hingga sekarang.
Sebelum PAUD Bintang Kecil yang sekarang ini, banyak kendala-kendala dan suka duka dalam membangun PAUD ini, antara lain:
a)      Banyak masyarakat yang belum mengenal dan mengerti tentang PAUD
b)      Tidak ada dana untuk membeli peralatan dan kesejahteraan guru
c)      Ada masyarakat yang mengirim surat kaleng yang di kirim kepada Bu Titik mengatakan “dulu saja PAUD milik desa, masak sekarang mjadi milik pribadi”
d)     Kurangnya fasilitas yang memadai

B.     Kegiatan Proses Pembelajaran
PAUD Bintang Kecil terdiri dari 3 kelas, yaitu:
a)      Kelas A untuk anak yang berusia 2-3 tahun
b)      Kelas B untuk anak yang berusia 3-4 tahun
c)      Kelas C untuk anak yang berusia 4-5 tahun
PAUD ini berbasis kereligiusan, karena melihat sopan santun anak-anak sekarang kepada orang yang lebih tua yang mulai menurun. Selain PAUD setelah berjalannya waktu Bu Titik juga mendirikan TPA dan RA. Dalam proses pembelajaran PAUD ini menggunakan kurikulum Permendiknas No.23 tentang PAUD. Kegiatan proses pembelajaran di PAUD Bintang Kecil, yaitu:
a)      Kegiatan awal:
1)      Ikrar diisi dengan senam atau gerak dan lagu
2)      Do’a sebelum belajar
3)      Penyampaian kegiatan yang akan dilakukan hari tersebut
b)      Kegiatan inti:
1)      Misal hendak mencapai 3 perkembangan anak:
·         Fisik motorik dengan senam
·         Bahasa dengan tanya jawab melalui cerita
·         Kognitif dengan menghitung jumlah benda
c)      Istirahat:
1)      Makan bekal
2)      Bermain
d)     Penutup:
1)      Mengulas kegiatan yang sudah dilakukan anak satu hari disekolah
2)      Do’a Al Asr dan do’a untuk orang tua
3)      Pulang
Dalam proses pembelajaran guru tidak menekankan kepada anak agar bisa semua yang diberikan oleh guru. Namun dengan memberi kebebasan anak untuk berekspresi dan dengan memberikan materi yang ringan yang diberikan dengan cara yang menyenangkan. Karena dengan hati yang senang maka akan lebih mudah anak dalam menangkap materi dan memahami materi yang diberikan.
Dalam pemberian pembelajaran terkadang banyak orang tua yang menuntut kepada guru agar anak mereka harus bisa membaca, menulis atau menghitung. Namun pihak PAUD memberikan pengertian kepada orang tua murid pada dasarnya dalam memberikan pembelajaran tidak boleh terlalu memaksakan anak agar memahami danmengerti semua materi yang diberikan kepadanya. Melainkan dengan pelan-pelan dan dengan cara yang menyenangkan.

C.    Susunan Staf Pengajar
Guru yang mengajar di PAUD Bintang Kecil awalnya dari ibu-ibu yang mengajar secara suka rela karena kurang dana. Guru yang dulu mengajar di PAUD ini sudah dipindah di sebuah TK yang berada didesa Jambon, dan sekarang sudah diganti oleh guru baru. Berikut adalah susunan guru yang sekarang mengajar di PAUD Bintang Kecil:
a.       Kepala sekolah sekaligus pengelola:
1)      Nama               : Sri Indarti
Nomor HP       : 085290278498
b.      Guru Kelompok Bermain:
1)      Nama               : Abdul Hofur
Nomor HP       : 085291720644
2)      Nama               : Rochidah
Nomor HP       : 081227467653
3)      Nama               : Tri Aprianti
Nomor HP       : 081347097564
c.       Guru RA:
1)      Nama               : Ifah
NomorHP        : 085713348858
d.      Guru TPA:
1)      Nama               : Husna
Nomor HP       : 085640914964
2)      Nama               : Kholif
Nomor HP       :085727593136

D.    Pengelolaan Administrasi
Dalam proses administrasi pada awalnya secara suka relawan dari orang tua murid. Namun dengan memberikan pengertian, saling terbuka antara pihak pengelola dengan orang tua murid dan kesadaran dari orang tua murid dulunya membayarnya suka relawan maka sekarang sudah ditentukan.
Untuk pengelolaan administrasi masih dipegang langsung oleh kepala sekolah yang merupakan pendiri dari PAUD Bintang Keci setiap sebulan sekalil. Selain dana dari orang tua murid untuk menambah penghasilan untuk uang kesejahteraan guru yang mengajar pengelola juga membuka koperasi sekolah.


BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Banyak orang tuan yang belum mengetahui dan memahami bahwa PAUD merupakan pendidikan yang dibutuhkan oleh anak sebelum anak masuk pada sekolah. Dalam memberikan pembelajaranpun tidak boleh terlalu memaksakan kepada anak agar harus bisa. Namun dengan cara memberikan pembelajaran yang ringn dan menyenangkan.
B.     Saran-saran
Jangan memaksakan anak untuk dapat menerima semua materi yang diberikan dalam proses pembelajaran.


LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.      Kegiatan Awal


  
2.      Kegiatan Inti

3. Istirahat




 




4. Penutup



0 komentar:

Posting Komentar